PENGARUH HANDPHONE TERHADAP PELAJAR SMA SEWON
Disusun oleh:
Dianita Candra Dewi
SMA N I Sewon Bantul
Tahun 2011/2012
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa
karena berkat rahmat-Nya makalah ini dapat penulis selesaikan sesuai dengan
waktu yang telah ditentukan. Dalam makalah ini, penulis membahas mengenai
“Pengaruh Handphone Terhadap Pelajar”.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman
mengenai pengaruh handphone terhadap pelajar. Semoga pelajar dapat mengetahui
dampak positif dan negatif dari handphone,
sehingga dapat memanfaatkan handphone
secara bijak. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas penulis dalam bidang
studi Karya Tulis Ilmiah.
Dalam proses penyusunan makalah ini, tentunya penulis
mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu rasa terima kasih
yang dalam penulis kepada yang terhormat :
1. Ibu Purwanti selaku guru Bahasa Indonesia.
2.
Rekan-rekan XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon
yang telah banyak memberikan masukan dalam penyusunan makalah ini.
Penulis
menyadari bahwa sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan
sehingga hanya yang demikian saja yang dapat penulis berikan. Penulis juga
sangat mengaharapkan kritikan dan saran dari para pembaca sehingga penulis
dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penyusunan makalah selanjutnya.
Bantul,20April
2012
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................................i
KATA PENGANTAR.............................................................................................
ii
DAFTAR ISI...........................................................................................................
iii
BAB I PENDAHULUAN...............................................................................
1
A. Latar
Belakang.........................................................................
1
B. Identifikasi
Masalah..................................................................3
C. Rumusan
Masalah.................................................................... 3
D. Tujuan
Penulisan......................................................................
3
E. Manfaat
Penulisan.................................................................... 4
BAB II KAJIAN
TEORI................................................................................5
A. Pengertian Handphone............................................................5
B.
Sejarah Handphone..................................................................5
C. Fungsi
Handphone...................................................................6
D. Dampak Positif Penggunaan Handphone...............................7
E. Dampak Negatif Penggunaan Handphone...............................8
BAB III METODE PENELITIAN..............................................................12
BAB IV PEMBAHASAN.............................................................................
6
A. Penggunaan Handphone bagi Pelajar....................................14
B. Alasan Pelajar Selalu Menggunakan Handphone…….….….15
C. Manfaat Handphone bagi Pelajar...........................................16
D. Dampak Penggunaan Handphone ........................................
16
E. Tindakan yang Dilakukan
untuk Menghindari Penyalahgunaan Handphone..................................................................................
17
BAB V PENUTUP ......................................................................................
18
3.1
Kesimpulan............................................................................18
3.2
Saran-saran............................................................................18
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................20
LAMPIRAN..................................................................................................21
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dunia pelajar saat ini seakan tidak bisa terlepas dari
teknologi komunikasi, khususnya handphone.
Awalnya, handphone hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang
benar-benar membutuhkannya demi kelancaran pekerjaan mereka. Namun, seiring
perkembangan zaman, handphone telah dimiliki oleh semua kalangan baik
yang benar-benar membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan tidak terkecuali
para pelajar.
Di
era globalisasi ini banyak pelajar yang menggunakan handphone dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan, saat ini pelajar SMP
maupun SMA telah diperbolehkan membawa handphone
di sekolah.
Penggunaan handphone oleh pelajar menjadikan dunia
teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan
waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini dengan handphone segalanya menjadi sangat cepat dan seakan tanpa jarak.
Kini handphone bukan lagi sekadar alat
berkomunikasi, tetapi handphone juga merupakan alat untuk mencipta dan
menghibur dengan suara, tulisan, gambar, dan video. Para pelajar sekarang
berlomba-lomba untuk memiliki handphone karena handphone bukan
hanya merupakan alat berkomunikasi, namun di kalangan pelajar handphone sekaligus
sebagai gaya
hidup.
Di kalangan pelajar, penggunaan teknologi komunikasi
seperti handphone sebagai alat komunikasi karena alat tersebut
multifungsi. Para pelajar dapat menggunakan
teknologi ini secara positif ataupun negatif tergantung pada setiap individu.
Contoh positif dari penggunaan handphone
adalah memanfaatkan handphone untuk
membantu mereka dalam proses pembelajaran. Namun, ada beberapa hal yang perlu
dikhawatirkan dalam pemanfaatan teknologi komunikasi oleh para remaja seperti
penggunaan tidak sesuai kondisi. Mislanya, menggunakan handphone dalam
proses belajar mengajar untuk sms-an dengan pacar atau untuk bermain game. Berdasarkan
latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam
tentang pengaruh pengunaan handphone
di kalangan pelajar.
B. Identifikasi Masalah
1. Pelajar selalu menggunakan handphone dalam keseharian mereka.
2. Pelajar
memiliki banyak alasan dalam menggunakan
handphone di keseharian mereka.
3. Handpone dapat berpengaruh terhadap
pelajar.
4. Handphone mempunyai dampak-dampak
positif maupun negatif terhadap pelajar.
5.
Terdapat banyak penyalahgunaan handphone oleh
pelajar.
C. Rumusan Masalah
1.
Apa saja penggunaan handphone bagi
pelajar?
2. Apa alasan
para pelajar selalu mengunakan handphone?
3. Apa manfaat handphone bagi pelajar?
4.
Bagaimana dampak-dampak dari penggunaan handphone?
5.
Apa saja tindakan yang dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone?
D. Tujuan Penulisan
Tulisan
ini bertujuan untuk :
1. Untuk
mengetahui penggunaan handphone bagi
pelajar.
2. Untuk
mengetahui alasan pelajar selalu menggunakan handphone.
3. Untuk
mengetahui manfaat handphone bagi
pelajar.
4.
Untuk mengetahui dampak-dampak dari penggunaan handphone.
5. Untuk
mengetahui tindakan yang dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone.
E. Manfaat Penulisan
Adapun
manfaat tulisan ini antara lain :
1. Dapat menambah wawasan penulis dan khalayak tentang hal-hal yang
berhubungan dengan pengaruh handphone terhadap pelajar.
2. Sebagai bahan referensi
untuk pembaca.
3. Dapat melatih siswa pada umumnya dan penulis khususnya
dalam mengembangkan wawasan diri untuk menyusun buah pikiran secara sistematis
dalam bentuk makalah.
BAB II
KAJIAN TEORI
A. Pengertian Handphone
Telepon genggam atau yang disebut handphone adalah sebuah perangkat
telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar yang sama dengan telepon fixed line, sehingga konvensional. Handphone dapat dibawa kemana-mana(portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon
menggunakan kabel (nirkabel, wireless)
B. Sejarah Handphone
Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.
Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana
memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil
tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama
berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk
memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun
1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan
US$10 ribu (Rp90 juta).
Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan
terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem
komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang
hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh
dunia.
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia
komunikasi selular adalah Amos
Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918,
ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942)
dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai
kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima
lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang
switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari
satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika
pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga
pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel
menjadi nyaman.
C. Fungsi Handphone
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel
umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short
message service, SMS). Ada
pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan
generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat
pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang,
telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Mengikuti perkembangan
teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur,
seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio
(MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G).
Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer.
Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi
mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis
untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut
diselesaikan dalam waktu yang singkat.
D. Dampak
Positif Penggunaan Handphone
Berikut ini akan
dijelaskan dampak-dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi.
- Komunikasi menjadi lebih mudah.
Fungsi handphone
yang paling banyak digunakan yaitu setiap pengguna handphone dapat berkomunikasi dengan
pengguna lainnya. Kini handphone dilengkapi dengan fitur
pesanan dan telepon yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di daerah
lain ataupun di negara lain. Bahkan sekarang handphone telah menganut sistem berbasis 3G
dimana seseorang dapat berkomunikasi via
telepon sekaligus melihat wajah lawan bicaranya.
- Pencarian informasi menjadi lebih mudah.
Handphone yang kini semakin
canggih, dapat digunakan untuk internet. Sehingga pengguna handphone dapat mengakses informasi dengan menggunakan handphone lewat media internet.
- Proses pembelajaran menjadi lebih mudah.
Di
zaman yang sudah modern, kini handphone
dapat digunakan seperti halnya komputer.
Dalam handphone juga terdapat
aplikasi untuk membuka internet.. Layanan online dalam pendidikan pada dasarnya
adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan menggunakan
internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan
dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran,
perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi, dan
pengumuman. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara
maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan
meningkatkan kualitas pendidikan. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara
pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi
guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat didownload oleh siswa.
- Sarana untuk mencari hiburan
Beberapa
perangkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas game, audio,
dan video.
- Pelajar tidak gagap teknologi.
Siswa
dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih
produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana
komunikasi yang memudahkan urusannya.
E. Dampak
Negatif Penggunaan Handphone
- Mengganggu Perkembangan Anak
Dengan canggihnya fitur-fitur
yang tersedia di handphone seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah.
Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, misscall dari teman mereka bahkan dari
keluarga mereka sendiri. Ada
yang menggunakan handphone untuk
mencontek dalam ulangan. Bermain game
saat guru menjelaskan pelajaran, dan sebagainya.Jika hal tersebut dibiarkan,
maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.
- Menurunkan prestasi belajar siwa
Dalam kehidupan pelajar yang
tidak jauh dari handphone, menjadikan pelajar lebih senang memanfaatkan
handphone daripada buku pelajaran. Hal tersebut dapat mengganggu belajar serta
menghambat prestasi belajar.
- Efek radiasi
Selain berbagai
kontraversi di seputar dampak negative penggunaan handphone, penggunaan handphone
juga berakibat buruk terhadap kesehatan. Ada baiknya siswa lebih hati-hati dan
bijaksana dalam menggunakan atau memilih handphone,
khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan,
sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan handphone secara permanen.
- Rawan terhadap tindak kejahatan
Pelajar merupakan
salah satu target utama dari para penjahat karena penjahat lebih mudah menarik
perhatian pelajar.
5.
Sangat berpotensi
mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang semakin mudah, pornografi pun merajalela. Sehingga handphone menjadi salah satu sarana yang paling mudah untuk membuka internet. Jika tidak ada kontrol dari guru ataupun orang tua,handphone dapat digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno,ataupun tindak kekerasan yang sama sekalitidadak layak untuk dilihat oleh pelajar.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang semakin mudah, pornografi pun merajalela. Sehingga handphone menjadi salah satu sarana yang paling mudah untuk membuka internet. Jika tidak ada kontrol dari guru ataupun orang tua,handphone dapat digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno,ataupun tindak kekerasan yang sama sekalitidadak layak untuk dilihat oleh pelajar.
6.
Pemborosan
Dengan mempunyai handphone, maka pengeluaran kita akan bertambah,. Apalagi kalau handphone hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka hanya akan menjadi pemborosan saja.
Dengan mempunyai handphone, maka pengeluaran kita akan bertambah,. Apalagi kalau handphone hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka hanya akan menjadi pemborosan saja.
7.
Penipuan
Hal ini memang
merajalela di bidang manapun. Handphone dan internet tidak luput dari serangan
penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi
informasi yang didapatkan pada penyedia informasi tersebut.
7. Membuat
kerja otak anak menjadi lambat
Salah satu penelitian terbaru tentang
dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia,
Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di International Journal of
Neuroscience. Dalam rilis yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan
handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak
negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang
yakni lemot (lemah otak).Penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang
diteliti dalam jangka waktu yang cukup panjang, yakni 2,4 tahun. Responden
tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni 100 orang yang menggunakan ponsel
rutin, 100 orang tidak menggunakan ponsel dan 100 orang lagi hanya
kadang-kadang menggunakan ponsel. Kemudian, dalam kurun waktu tersebut,
beberapa kali ke-300 responden itu diukur perbedaan aktivitas otaknya dengan
metode quantitive electroencephalographic (EEG). Hal lain yang diteliti adalah
fungsi neuropsikologi seperti perhatian, memori, fungsi pelaksana dan
kepribadian. Hasilnya, pengguna handphone yang rutin menunjukkan aktivitas
otaknya melemah.
BAB
III
METODE PENELITIAN
A. Pendekatan Masalah
Pendekatan yang digunakan
dalam penulusan Karya Tulis Ilmiah ini adalah peran remaja, yakini menelaah
permasalahan berdasarkan pengaruh handphone bagi pelajar SMA Sewon.
B. Studi Pustaka
Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka, yaitu dilakukan
dengan cara menggali informasi dan berbagai sumberpustaka seperti buku dan
internet.
C.
Teknik Pengumpulan Data
Teknik pemgumpulan data ini dilakukan dengan cara kuisioner, yaitu
memberikan/menyebarkan sejumlah lembar kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan
yang harus dijawab oleh para responden.
D.
Analisis Data
Setelah data terkumpul dan diolah
kemudian dianalisis dengan mengunakan deskriptif. Analisis ini dilakukan dengan
menjelaskan atau menggambarkan secara umum data sebagaimana diperoleh dalam
penelitian.
E. Popolasi dan Sampel
Dalam
penelitian ini, populasi yang saya ambil adalah siswa-siswi SMA Sewon. Kelas
X dan XI. Sedangkan sampel yang saya
ambil berjumlah sepuluh siswa.
BAB IV
PEMBAHASAN
A. Penggunaan Handphone
bagi Pelajar
Pelajar saat ini sudah menggunakan handphone dalam kehidupannya. Mereka tidak hanya menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Mereka
juga menggunakan handphone untuk
mengisi waktu luang, seperti menggunakan handphone
untuk mendengarkan radio/musik, bermain game,
internet, melihat gambar ataupun foto. Tidak
sedikit pelajar yang menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone.Bagi pelajar handphone juga digunakan untuk
tukar-menukar jawaban ujian. Namun penggunaan handphone yang paling sering dilakukan pelajar adalah untuk
berkomunikasi dan membuka internet.
Terdapat 40% pelajar yang menyatakan bahwa mereka memiliki handphone karena ingin mengikuti
kemajuan teknologi. 20% pelajar lainnya memiliki handphone karena diberi oleh orangtua mereka. Selain itu, pelajar
memiliki handphone karena ingin
mendapatkan kemudahan dalam komunikasi.
Berdasarkan penelitian yang telah
dilakukan terhadap pelajar SMA Sewon,terdapat 70% pelajar yang lebih sering
bermain handphone daripada belajar.
Mereka tidak hanya menggunakan handphone untuk
hiburan, namun mereka juga menggunakan handphone untuk mengerjakan tugas
sekolah. Terdapat 70% pelajar SMA Sewon yang sering menggunakan handphone saat belajar. Mereka menggunakan
aplikasi handphone dalam belajar,
seperti kalkulator dan internet.
Hampir seluruh pelajar di SMA Sewon memiliki handphone. Pelajar SMA Sewon yang
memiliki handphone selalu membawa
barang tersebut ke sekolah. Tidak jarang mereka menggunakan handphone saat jam pelajaran. Penggunaan handphone untuk
menghitung, internet, bahkan untuk sms, game,
dan membuka jejaring sosial seperti facebook ataupun twitter sering dilakukan
pelajar ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Penggunaan handphone saat
jam pelajaran tersebut dilakukan oleh 60% pelajar di SMA Sewon.
B. Alasan Pelajar Selalu Menggunakan Handphone
Lebih dari 50% pelajar SMA Sewon selalu menggunakan handphone dalam keseharian mereka.
Terdapat 60% pelajar SMA Sewon menyatakan bahwa mereka tidak mungkin untuk
tidak menggunakan handphone dalam
sehari. Para pelajar sulit menjalani aktivitas
mereka tanpa menggunakan handphone.
Mereka telah bergantung pada handphone.
Di era globalisasi ini mereka sudah kecanduan terhadap handphone. Sehingga sulit bagi mereka untuk tidak menggunakan handphone dalam aktivitas apapun.
Handphone
selalu digunakan oleh kalangan pelajar. Ada
banyak alasan pelajar yang selalu menggunakan handphone, diantaranya adalah :
1.
Handphone adalah
alat komunikasi yang sangat mudah.
2.
Handphone adalah
media yang paling mudah dalam mendapatkan informasi serta hiburan.
3.
Handphone
merupakan alat yang memiliki banyak kegunaan dalam keseharian mereka.
4.
Handphone salah
satu alat yang penting, simpel, praktis, dan cepat.
C. Manfaat Handphone bagi Pelajar
Dari penelitian yang telah
dilakukan, ada beberapa manfaat dari handphone
bagi pelajar, diantaranya adalah :
- Dapat mempermudah komunikasi.
- Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
- Dapat mempermudah dalam mencari informasi.
- Dapat mempermudah dalam mencari hiburan.
D. Dampak penggunaan Handphone bagi Pelajar
Penggunaan handphone
yang terus menerus tidak hanya berdampak positif terhadap pelajar, namun juga
dapat berdampak negatif. Dampak positif dari penggunaan handphone adalah, pelajar dapat mendapatkan informasi dan
komunikasi yang mudah.
Namun, penggunaan handphone
saat pelajaran dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Sehingga berpengaruh
terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat 80% pelajar SMA Sewon yang menyatakan
bahwa handphone telah mempengaruhi
prestasi belajar mereka.
Beberapa pelajar juga menyatakan bahwa penggunaan handphone mereka menyebabkan pemborosan.
Dalam membuka internet, dan berkomunikasi lewat handphone pasti membutuhkan biaya. Pelajar sering membuka internet
serta berkomunikasi untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Sehingga hal tersebut
menjadi faktor utama pemborosan.
E. Tindakan yang Dilakukan untuk Menghindari
Penyalahgunaan Handphone.
Handphone yang selalu digunakan oleh
pelajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siwa. Hal tersebut dapat terjadi
jika pelajar tidak bisa menghindari penyalahgunaan handphone. Maka dari itu, pelajar melakukan tindakan untuk
menghindari penyalahgunaan handphone.
Tindakan tersebut diantaranya adalah:
- Menolak ajakan teman untuk menyimpan maupun melihat hal-hal yang meyangkut pornoaksi dan pornografi.
- Tidak membawa handphone ke sekolah atau mematikan handphone saat pelajaran berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.
- Ketika berada dirumah, mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan memanfaatkan handphone.
- Membatasi penggunaan handphone.
- Menghindari mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno.
- Memanfaatkan handphone seperlunya.
- Meminta orangtua untuk mengontrol penggunaan handphone.
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pelajar zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan handphone. Mereka menggunakan handphone untuk komunikasi, internet, game, mendengarkan musik,dan melihat
gambar ataupun video. Alasan pelajar selalu menggunakan handphone dalam aktifitasnya adalah, handphone merupakan alat komunikasi maupun alat pencari informasi
yang paling mudah, praktis, dan cepat. Manfaat handphone bagi pelajar adalah untuk mempermudah komunikasi,
mendapatkan informasi, mencari hiburan serta mempermudah dalam mengerjakan
tugas-tugas sekolah.
Handphone telah
menjadi bagian dari kehidupan pelajar, sehingga keberadaan handphone menyebabkan adanya dampak positif maupun negatif. Dampak
positif dari handphone adalah
mempermudah dalam pencarian informasi dan komunikasi, selain itu, dapat
menjadikan pelajar tidak gagap teknologi. Adapun dampak negatifnya, yaitu
mengganggu belajar siswa, berakibat buruk pada perilaku,kesehatan, dan sikap
siswa, serta mengakibatkan pemborosan. Untuk itu sangat diperlukan pembatasan
serta arahan dari orang tua dalam menggunakan handphone.
B. Saran
1.
Diharapkan kepada pelajar
untuk menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan hanphone.
2.
Sebaiknya pelajar menggunakan
handphone seperlunya dan
penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari handphone tidak
terjadi.
3.
Pihak orangtua
sebaiknya selalu mengontrol anaknya dalam menggunakan handphone.
4.
Pihak guru sebaiknya
tidak mengijinkan muridnya untuk menggunakan handphone saat jam pelajaran, terkecuali jika diperlukan
5.
Pihak sekolah hendaknya
tidak mengijinkan siswanya menghidupkan handphone
saat jam belajar.
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
- Angket
1. Apakah
Anda memiliki handphone ?
- Mengapa Anda memiliki handphone?
- Mengapa Anda menggunkan handphone?
- Berapa lama Anda menggunakan handphone dalam sehari?
- Untuk apa saja Anda menggunakan handphone ?
- Apakah Anda membawa handphone ke sekolah?
- Apakah Anda sering bermain handphone saat pelajaran di sekolah berlangsung?
- Lebih sering manakah Anda belajar daipada bermain handphone?
- Dalam belajar apakah Anda juga menggunakan handphone?untuk apa?
- Apakah handphone mempengaruhi prestasi belajar Anda?
- Mungkinkah Anda tidak menggunakan handphone dalam sehari?Mengapa?
- Apa manfaat yang Anda rasakan dalam menggunakan handphone?
- Apakah Anda selalu membatasi penggunaan handphone?Mengapa?
- Apakan orang tua Anda mengontrol Anda dalam penggunaan handphone?
- Apa yang anda lakukan agar handphone tidak mengganggu belajar Anda?
- Apa yang Anda lakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone?
- Apa dampak negatif penggunaan handphone bagi Anda?
- Jawaban Dari Angket
1. Apakah
Anda memiliki handphone ?
Ya,
saya memilikinya
- Mengapa Anda memiliki handphone?
Untuk komunikasi
Dikasih orang tua
Untuk mengikuti
perkembangan jaman dan teknologi
- Mengapa Anda menggunkan handphone?
Karena simple dan
banyak manfaatnya
Lebih mudah digunakan
terutama dalam berkomunikasi
- Berapa lama Anda menggunakan handphone dalam sehari?
Lebih dari 10 jam
Tak terhitung
- Untuk apa saja Anda menggunakan handphone ?
Game, internet,
mendengarkan music/radio, kalulator,sms, telpon, nonton TV
- Apakah Anda membawa handphone ke sekolah?
ya
- Apakah Anda sering bermain handphone saat pelajaran di sekolah berlangsung?
Ya,sering
Kadang-kadang
Tidak
- Lebih sering manakah Anda belajar daipada bermain handphone?
Belajar
Bermain handphone
- Dalam belajar apakah Anda juga menggunakan handphone?untuk apa?
Ya, untuk menghitung
dan mencari bahan referensi di internet
Tidak
- Apakah handphone mempengaruhi prestasi belajar Anda?
Ya
Tidak juga
- Mungkinkah Anda tidak menggunakan handphone dalam sehari?Mengapa?
Mungkin saja, tapi
sulit sekali melakukan aktifitas tanpa handphone
Tidak mungkin karena
sudah kecanduan handphone
- Apa manfaat yang Anda rasakan dalam menggunakan handphone?
Saya lebih mudah
berkomunikasi, mendapatkan informasi, serta mudah untuk mendapatkan hiburan
- Apakah Anda selalu membatasi penggunaan handphone?Mengapa?
Tidak karena
sewaktu-waktu saya membutuhkan handphone
Ya, agar tidak
bergantung pada handphone
- Apakan orang tua Anda mengontrol Anda dalam penggunaan handphone?
Ya
Tidak
- Apa yang anda lakukan agar handphone tidak mengganggu belajar Anda?
Matikan handphone saat belajar
Gunakan handphone
seperlunya saja
Memberikan handphone
pada orangtua
- Apa yang Anda lakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone?
Menolak ajakan teman untuk
menyimpan maupun melihat hal-hal yang meyangkut pornoaksi dan pornografi.
Tidak membawa handphone
ke sekolah atau mematikan handphone saat pelajaran berlangsung agar
tidak mengganggu konsentrasi belajar.
Mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan memanfaatkan handphone.
Membatasi penggunaan handphone.
Menghindari
mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno.
Memanfaatkan handphone seperlunya.
Meminta orangtua untuk mengontrol penggunaan handphone.
- Apa dampak negatif penggunaan handphone bagi Anda?
Boros
Mengganggu konsentrasi
belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar