Jumat, 25 Mei 2012

Karya Tulis Ilmiah Remaja



PENGARUH HANDPHONE TERHADAP PELAJAR SMA SEWON

Disusun oleh:
Dianita Candra Dewi

SMA N I Sewon Bantul
Tahun 2011/2012




KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat-Nya makalah ini dapat penulis selesaikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam makalah ini, penulis membahas mengenai “Pengaruh Handphone Terhadap Pelajar”.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai pengaruh handphone terhadap pelajar. Semoga pelajar dapat mengetahui dampak positif dan negatif dari handphone, sehingga dapat memanfaatkan handphone secara bijak. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas penulis dalam bidang studi Karya Tulis Ilmiah.
Dalam proses penyusunan makalah ini, tentunya penulis mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi, dan saran. Untuk itu rasa terima kasih yang dalam penulis kepada yang terhormat :
1.    Ibu Purwanti selaku guru Bahasa Indonesia.
2.    Rekan-rekan XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sewon yang telah banyak memberikan masukan dalam penyusunan makalah ini.
Penulis menyadari bahwa sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan kekurangan sehingga hanya yang demikian saja yang dapat penulis berikan. Penulis juga sangat mengaharapkan kritikan dan saran dari para pembaca sehingga penulis dapat memperbaiki kesalahan-kesalahan dalam penyusunan makalah selanjutnya.
Bantul,20April 2012
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL.................................................................................................i
KATA PENGANTAR............................................................................................. ii
DAFTAR ISI........................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................... 1
A. Latar Belakang......................................................................... 1
B. Identifikasi Masalah..................................................................3
C. Rumusan Masalah.................................................................... 3
D. Tujuan Penulisan...................................................................... 3
E. Manfaat Penulisan.................................................................... 4
BAB II KAJIAN TEORI................................................................................5
A.    Pengertian Handphone............................................................5
B. Sejarah Handphone..................................................................5
C. Fungsi Handphone...................................................................6
 D. Dampak Positif Penggunaan Handphone...............................7
       E. Dampak Negatif Penggunaan Handphone...............................8
BAB III METODE PENELITIAN..............................................................12
BAB IV PEMBAHASAN............................................................................. 6
A.  Penggunaan Handphone bagi Pelajar....................................14
B. Alasan Pelajar Selalu Menggunakan Handphone…….….….15
C. Manfaat Handphone bagi Pelajar...........................................16
D. Dampak Penggunaan Handphone ........................................ 16
E. Tindakan yang Dilakukan untuk Menghindari Penyalahgunaan Handphone.................................................................................. 17
BAB V PENUTUP ...................................................................................... 18
3.1 Kesimpulan............................................................................18
3.2 Saran-saran............................................................................18
DAFTAR PUSTAKA...................................................................................20
LAMPIRAN..................................................................................................21





BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dunia pelajar saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi komunikasi, khususnya handphone. Awalnya, handphone hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang benar-benar membutuhkannya demi kelancaran pekerjaan mereka. Namun, seiring perkembangan zaman, handphone telah dimiliki oleh semua kalangan baik yang benar-benar membutuhkan maupun yang kurang membutuhkan tidak terkecuali para pelajar.
            Di era globalisasi ini banyak pelajar yang menggunakan handphone dalam kegiatan sehari-hari. Bahkan, saat ini pelajar SMP maupun SMA telah diperbolehkan membawa handphone di sekolah.
 Penggunaan handphone oleh pelajar menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini dengan handphone segalanya menjadi sangat cepat dan seakan tanpa jarak.
Kini handphone bukan lagi sekadar alat berkomunikasi, tetapi handphone juga merupakan alat untuk mencipta dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, dan video. Para pelajar sekarang berlomba-lomba untuk memiliki handphone karena handphone bukan hanya merupakan alat berkomunikasi, namun di kalangan pelajar handphone sekaligus sebagai gaya hidup.
Di kalangan pelajar, penggunaan teknologi komunikasi seperti handphone sebagai alat komunikasi karena alat tersebut multifungsi. Para pelajar dapat menggunakan teknologi ini secara positif ataupun negatif tergantung pada setiap individu. Contoh positif dari penggunaan handphone adalah memanfaatkan handphone untuk membantu mereka dalam proses pembelajaran. Namun, ada beberapa hal yang perlu dikhawatirkan dalam pemanfaatan teknologi komunikasi oleh para remaja seperti penggunaan tidak sesuai kondisi. Mislanya, menggunakan handphone dalam proses belajar mengajar untuk sms-an dengan pacar atau untuk bermain game. Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis tertarik untuk mengkaji lebih dalam tentang pengaruh pengunaan handphone di kalangan pelajar.











B. Identifikasi Masalah
      1. Pelajar selalu menggunakan handphone dalam keseharian mereka.
   2. Pelajar memiliki banyak alasan  dalam menggunakan handphone di keseharian mereka.
      3. Handpone dapat berpengaruh terhadap pelajar.
      4. Handphone mempunyai dampak-dampak positif maupun negatif terhadap pelajar.
      5. Terdapat banyak penyalahgunaan handphone oleh pelajar.
C. Rumusan Masalah
1. Apa saja penggunaan handphone bagi pelajar?
   2. Apa alasan para pelajar selalu mengunakan handphone?
   3. Apa manfaat handphone bagi pelajar?
4. Bagaimana dampak-dampak dari penggunaan handphone?
5. Apa saja tindakan yang dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone?
D. Tujuan Penulisan
Tulisan ini bertujuan untuk :
1. Untuk mengetahui penggunaan handphone bagi pelajar.
2. Untuk mengetahui alasan pelajar selalu menggunakan handphone.
3. Untuk mengetahui manfaat handphone bagi pelajar.
4. Untuk mengetahui dampak-dampak dari penggunaan handphone.
5. Untuk mengetahui tindakan yang dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone.
E. Manfaat Penulisan
Adapun manfaat tulisan ini antara lain :
1. Dapat menambah wawasan penulis dan khalayak tentang hal-hal yang berhubungan dengan pengaruh handphone terhadap pelajar.
2.  Sebagai bahan referensi untuk pembaca.
3. Dapat melatih siswa pada umumnya dan penulis khususnya dalam mengembangkan wawasan diri untuk menyusun buah pikiran secara sistematis dalam bentuk makalah.







BAB II
KAJIAN TEORI

A. Pengertian Handphone
            Telepon genggam atau yang disebut handphone adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang memiliki kemampuan dasar  yang sama dengan telepon fixed line, sehingga konvensional. Handphone dapat dibawa kemana-mana(portable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan telepon menggunakan kabel (nirkabel, wireless)
B. Sejarah Handphone

Penemu sistem telepon genggam yang pertama adalah Martin Cooper, seorang karyawan Motorola pada tanggal 03 April 1973, walaupun banyak disebut-sebut penemu telepon genggam adalah sebuah tim dari salah satu divisi Motorola (divisi tempat Cooper bekerja) dengan model pertama adalah DynaTAC. Ide yang dicetuskan oleh Cooper adalah sebuah alat komunikasi yang kecil dan mudah dibawa bepergian secara fleksibel.

Cooper bersama timnya menghadapi tantangan bagaimana memasukkan semua material elektronik ke dalam alat yang berukuran kecil tersebut untuk pertama kalinya. Namun akhirnya sebuah telepon genggam pertama berhasil diselesaikan dengan total bobot seberat dua kilogram. Untuk memproduksinya, Motorola membutuhkan biaya setara dengan US$1 juta. “Pada tahun 1983, telepon genggam portabel berharga US$4 ribu (Rp36 juta) setara dengan US$10 ribu (Rp90 juta).
Setelah berhasil memproduksi telepon genggam, tantangan terbesar berikutnya adalah mengadaptasi infrastruktur untuk mendukung sistem komunikasi telepon genggam tersebut dengan menciptakan sistem jaringan yang hanya membutuhkan 3 MHz spektrum, setara dengan lima channel TV yang tersalur ke seluruh dunia.
Tokoh lain yang diketahui sangat berjasa dalam dunia komunikasi selular adalah Amos Joel Jr yang lahir di Philadelphia, 12 Maret 1918, ia memang diakui dunia sebagai pakar dalam bidang switching. Ia mendapat ijazah bachelor (1940) dan master (1942) dalam teknik elektronik dari MIT. Tidak lama setelah studi, ia memulai kariernya selama 43 tahun (dari Juli 1940-Maret 1983) di Bell Telephone Laboratories, tempat ia menerima lebih dari 70 paten Amerika di bidang telekomunikasi, khususnya di bidang switching. Amos E Joel Jr, membuat sistem penyambung (switching) ponsel dari satu wilayah sel ke wilayah sel yang lain. Switching ini harus bekerja ketika pengguna ponsel bergerak atau berpindah dari satu sel ke sel lain sehingga pembicaraan tidak terputus. Karena penemuan Amos Joel inilah penggunaan ponsel menjadi nyaman.
C. Fungsi Handphone
Selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, ponsel umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service, SMS). Ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara yang menyediakan layanan generasi ketiga (3G) dengan menambahkan jasa videophone, sebagai alat pembayaran, maupun untuk televisi online di telepon genggam mereka. Sekarang, telepon genggam menjadi gadget  yang multifungsi. Mengikuti perkembangan teknologi digital, kini ponsel juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran radio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet (WAP, GPRS, 3G). Selain fitur-fitur tersebut, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat.


D. Dampak  Positif Penggunaan Handphone
Berikut ini akan dijelaskan dampak-dampak positif dari kemajuan teknologi komunikasi.
  1. Komunikasi menjadi lebih mudah.
Fungsi handphone yang paling banyak digunakan yaitu setiap pengguna             handphone dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya. Kini handphone dilengkapi dengan fitur pesanan dan telepon yang memungkinkan kita berkomunikasi dengan orang di daerah lain ataupun di negara lain. Bahkan sekarang handphone telah menganut sistem berbasis 3G dimana seseorang dapat berkomunikasi via telepon sekaligus melihat wajah lawan bicaranya.
  1. Pencarian informasi menjadi lebih mudah.
Handphone yang kini semakin canggih, dapat digunakan untuk internet. Sehingga pengguna handphone dapat mengakses informasi dengan menggunakan handphone lewat media internet.
  1. Proses pembelajaran menjadi lebih mudah.
Di zaman yang sudah modern, kini handphone dapat digunakan seperti  halnya komputer. Dalam handphone juga terdapat aplikasi untuk membuka internet.. Layanan online dalam pendidikan pada dasarnya adalah memberikan pelayanan pendidikan bagi pengguna (siswa) dengan menggunakan internet sebagai media. Layanan online ini dapat terdiri dari berbagai tahapan dari proses program pendidikan seperti: pendaftaran, test masuk, pembayaran, perkuliahan, penugasan kasus, pembahasan kasus, ujian, penilaian, diskusi, dan pengumuman. Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan. Bentuk-bentuk materi, ujian, kuis dan cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat didownload oleh siswa.
  1. Sarana untuk mencari hiburan
Beberapa perangkat hasil dari teknologi komunikasi menyediakan fasilitas game, audio, dan video.
  1. Pelajar tidak gagap teknologi.
Siswa dapat mengikuti perkembangan era teknologisasi dunia dan siswa dapat lebih produktif, efektif dan efisien dalam waktu, energi dan biaya karena ada sarana komunikasi yang memudahkan urusannya.

E.  Dampak  Negatif Penggunaan Handphone

  1. Mengganggu Perkembangan Anak
Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti : kamera, permainan (games) akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, sms, misscall dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Ada yang menggunakan handphone untuk mencontek dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran, dan sebagainya.Jika hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak  teknologi.
  1. Menurunkan prestasi belajar siwa
Dalam kehidupan pelajar yang tidak jauh dari handphone, menjadikan pelajar lebih senang memanfaatkan handphone daripada buku pelajaran. Hal tersebut dapat mengganggu belajar serta menghambat prestasi belajar.
  1. Efek radiasi
Selain berbagai kontraversi di seputar dampak negative penggunaan handphone, penggunaan handphone juga berakibat buruk terhadap kesehatan. Ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih handphone, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan  menggunakan handphone secara permanen. 
  1. Rawan terhadap tindak kejahatan
Pelajar merupakan salah satu target utama dari para penjahat karena penjahat lebih mudah menarik perhatian pelajar.
5.      Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa.
Dengan kemampuan penyampaian informasi yang semakin mudah, pornografi pun merajalela. Sehingga handphone menjadi salah satu sarana yang paling mudah untuk membuka internet. Jika tidak ada kontrol dari guru ataupun orang tua,handphone dapat digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno,ataupun tindak kekerasan yang sama sekalitidadak layak untuk dilihat oleh pelajar.
6.      Pemborosan
Dengan mempunyai  handphone, maka pengeluaran kita akan bertambah,. Apalagi kalau handphone  hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat, maka hanya akan menjadi pemborosan saja.
7.      Penipuan
Hal ini memang merajalela di bidang manapun. Handphone dan internet tidak luput dari serangan penipu. Cara yang terbaik adalah tidak mengindahkan hal ini atau mengkonfirmasi informasi yang didapatkan pada penyedia informasi tersebut.
      7.   Membuat kerja otak anak menjadi lambat
Salah satu penelitian terbaru tentang dampak negatif ponsel baru-baru ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Australia, Inggris, dan Belanda dan dipublikasikan di International Journal of Neuroscience. Dalam rilis yang dimuat di jurnal itu dikatakan bahwa penggunaan handphone bisa mempengaruhi fungsi kerja otak manusia. Salah satu dampak negatifnya adalah melemahnya daya kerja otak atau istilah anak muda sekarang yakni lemot (lemah otak).Penelitian ini melibatkan setidaknya 300 orang yang diteliti dalam jangka waktu yang cukup panjang, yakni 2,4 tahun. Responden tersebut dibagi dalam tiga kategori, yakni 100 orang yang menggunakan ponsel rutin, 100 orang tidak menggunakan ponsel dan 100 orang lagi hanya kadang-kadang menggunakan ponsel. Kemudian, dalam kurun waktu tersebut, beberapa kali ke-300 responden itu diukur perbedaan aktivitas otaknya dengan metode quantitive electroencephalographic (EEG). Hal lain yang diteliti adalah fungsi neuropsikologi seperti perhatian, memori, fungsi pelaksana dan kepribadian. Hasilnya, pengguna handphone yang rutin menunjukkan aktivitas otaknya melemah.














BAB  III
METODE PENELITIAN
A.    Pendekatan Masalah
Pendekatan yang digunakan dalam penulusan Karya Tulis Ilmiah ini adalah peran remaja, yakini menelaah permasalahan berdasarkan pengaruh handphone bagi pelajar SMA Sewon.
B.     Studi Pustaka
Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka, yaitu dilakukan dengan cara menggali informasi dan berbagai sumberpustaka seperti buku dan internet.
      C. Teknik Pengumpulan Data
                Teknik pemgumpulan data ini  dilakukan dengan cara kuisioner, yaitu memberikan/menyebarkan sejumlah lembar kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh para responden.
      D. Analisis Data
         Setelah data terkumpul dan diolah kemudian dianalisis dengan mengunakan deskriptif. Analisis ini dilakukan dengan menjelaskan atau menggambarkan secara umum data sebagaimana diperoleh dalam penelitian.
      E.  Popolasi dan Sampel
            Dalam penelitian ini, populasi yang saya ambil adalah siswa-siswi SMA Sewon. Kelas X  dan XI. Sedangkan sampel yang saya ambil berjumlah sepuluh siswa.
            




BAB IV
PEMBAHASAN
A. Penggunaan Handphone bagi Pelajar
Pelajar saat ini sudah menggunakan handphone dalam kehidupannya. Mereka tidak hanya menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Mereka juga menggunakan handphone untuk mengisi waktu luang, seperti menggunakan handphone untuk mendengarkan radio/musik, bermain game, internet, melihat gambar ataupun foto. Tidak sedikit pelajar yang menyimpan video dan foto yang tidak senonoh di handphone.Bagi pelajar handphone juga digunakan untuk tukar-menukar jawaban ujian. Namun penggunaan handphone yang paling sering dilakukan pelajar adalah untuk berkomunikasi dan membuka internet.
Terdapat 40% pelajar yang menyatakan bahwa mereka memiliki handphone karena ingin mengikuti kemajuan teknologi. 20% pelajar lainnya memiliki handphone karena diberi oleh orangtua mereka. Selain itu, pelajar memiliki handphone karena ingin mendapatkan kemudahan dalam komunikasi.
            Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap pelajar SMA Sewon,terdapat 70% pelajar yang lebih sering bermain handphone daripada belajar. Mereka tidak hanya menggunakan handphone untuk hiburan,  namun mereka juga menggunakan handphone untuk mengerjakan tugas sekolah. Terdapat 70% pelajar SMA Sewon yang sering menggunakan handphone saat belajar. Mereka menggunakan aplikasi handphone dalam belajar, seperti kalkulator dan internet.
Hampir seluruh pelajar di SMA Sewon memiliki handphone. Pelajar SMA Sewon yang memiliki handphone selalu membawa barang tersebut ke sekolah. Tidak jarang mereka menggunakan handphone saat jam pelajaran. Penggunaan handphone untuk menghitung, internet, bahkan untuk sms, game, dan membuka jejaring sosial seperti facebook ataupun twitter sering dilakukan pelajar ketika proses belajar mengajar sedang berlangsung. Penggunaan handphone saat jam pelajaran tersebut dilakukan oleh 60% pelajar di SMA Sewon.
B. Alasan Pelajar Selalu Menggunakan  Handphone
            Lebih dari 50% pelajar SMA Sewon selalu menggunakan handphone dalam keseharian mereka. Terdapat 60% pelajar SMA Sewon menyatakan bahwa mereka tidak mungkin untuk tidak menggunakan handphone dalam sehari. Para pelajar sulit menjalani aktivitas mereka tanpa menggunakan handphone. Mereka telah bergantung pada handphone. Di era globalisasi ini mereka sudah kecanduan terhadap handphone. Sehingga sulit bagi mereka untuk tidak menggunakan handphone dalam aktivitas apapun.
            Handphone selalu digunakan oleh kalangan pelajar. Ada banyak alasan pelajar yang selalu menggunakan handphone, diantaranya adalah :
1.      Handphone adalah alat komunikasi yang sangat mudah.
2.      Handphone adalah media yang paling mudah dalam mendapatkan informasi serta hiburan.
3.      Handphone merupakan alat yang memiliki banyak kegunaan dalam keseharian mereka.
4.      Handphone salah satu alat yang penting, simpel, praktis, dan cepat.
C. Manfaat Handphone bagi Pelajar
            Dari penelitian yang telah dilakukan, ada beberapa manfaat dari handphone bagi pelajar, diantaranya adalah :
  1. Dapat mempermudah komunikasi.
  2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
  3. Dapat mempermudah dalam mencari informasi.
  4. Dapat mempermudah dalam mencari hiburan.
D. Dampak penggunaan Handphone bagi Pelajar
            Penggunaan handphone yang terus menerus tidak hanya berdampak positif terhadap pelajar, namun juga dapat berdampak negatif. Dampak positif dari penggunaan handphone adalah, pelajar dapat mendapatkan informasi dan komunikasi yang mudah.
Namun, penggunaan handphone saat pelajaran dapat mengganggu konsentrasi belajar siswa. Sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Terdapat 80% pelajar SMA Sewon yang menyatakan bahwa handphone telah mempengaruhi prestasi belajar mereka.
Beberapa pelajar juga menyatakan bahwa penggunaan handphone mereka menyebabkan pemborosan. Dalam membuka internet, dan berkomunikasi lewat handphone pasti membutuhkan biaya. Pelajar sering membuka internet serta berkomunikasi untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Sehingga hal tersebut menjadi faktor utama pemborosan.

E. Tindakan yang Dilakukan untuk Menghindari Penyalahgunaan Handphone.
            Handphone yang selalu digunakan oleh pelajar dapat mempengaruhi prestasi belajar siwa. Hal tersebut dapat terjadi jika pelajar tidak bisa menghindari penyalahgunaan handphone. Maka dari itu, pelajar melakukan tindakan untuk menghindari penyalahgunaan handphone. Tindakan tersebut diantaranya adalah:
  1. Menolak ajakan teman untuk menyimpan maupun melihat hal-hal yang meyangkut pornoaksi dan pornografi.
  2. Tidak membawa handphone ke sekolah atau mematikan handphone saat pelajaran berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.
  3. Ketika berada dirumah, mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan memanfaatkan handphone.
  4. Membatasi penggunaan handphone.
  5. Menghindari mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno.
  6. Memanfaatkan handphone seperlunya.
  7. Meminta orangtua untuk mengontrol penggunaan handphone.


BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
            Pelajar zaman sekarang sudah tidak asing lagi dengan handphone. Mereka menggunakan handphone untuk komunikasi, internet, game, mendengarkan musik,dan melihat gambar ataupun video. Alasan pelajar selalu menggunakan handphone dalam aktifitasnya adalah, handphone merupakan alat komunikasi maupun alat pencari informasi yang paling mudah, praktis, dan cepat. Manfaat handphone bagi pelajar adalah untuk mempermudah komunikasi, mendapatkan informasi, mencari hiburan serta mempermudah dalam mengerjakan tugas-tugas sekolah.
            Handphone telah menjadi bagian dari kehidupan pelajar, sehingga keberadaan handphone menyebabkan adanya dampak positif maupun negatif. Dampak positif dari handphone adalah mempermudah dalam pencarian informasi dan komunikasi, selain itu, dapat menjadikan pelajar tidak gagap teknologi. Adapun dampak negatifnya, yaitu mengganggu belajar siswa, berakibat buruk pada perilaku,kesehatan, dan sikap siswa, serta mengakibatkan pemborosan. Untuk itu sangat diperlukan pembatasan serta arahan dari orang tua dalam menggunakan handphone.
B. Saran
1.      Diharapkan kepada pelajar untuk menggunakan nalar dan pikirannya dalam memanfaatkan hanphone.
2.      Sebaiknya pelajar menggunakan handphone seperlunya dan penggunaannya sesuai dengan kondisi agar dampak buruk dari handphone tidak terjadi.
3.      Pihak orangtua sebaiknya selalu mengontrol anaknya dalam menggunakan handphone.
4.      Pihak guru sebaiknya tidak mengijinkan muridnya untuk menggunakan handphone saat jam pelajaran, terkecuali jika diperlukan
5.      Pihak sekolah hendaknya tidak mengijinkan siswanya menghidupkan handphone saat jam belajar.














DAFTAR PUSTAKA












LAMPIRAN
  1. Angket
1.      Apakah Anda memiliki handphone ?
  1. Mengapa Anda memiliki handphone?
  2. Mengapa  Anda menggunkan handphone?
  3. Berapa lama Anda menggunakan handphone dalam sehari?
  4. Untuk apa saja Anda menggunakan handphone ?
  5. Apakah Anda membawa handphone  ke sekolah?
  6. Apakah Anda sering bermain handphone saat pelajaran di sekolah berlangsung?
  7. Lebih sering manakah Anda belajar daipada bermain  handphone?
  8. Dalam belajar apakah Anda juga menggunakan handphone?untuk apa?
  9. Apakah handphone  mempengaruhi prestasi belajar Anda?
  10. Mungkinkah Anda tidak menggunakan  handphone  dalam sehari?Mengapa?
  11. Apa manfaat yang Anda rasakan dalam menggunakan handphone?
  12. Apakah Anda selalu membatasi penggunaan handphone?Mengapa?
  13. Apakan orang tua Anda mengontrol Anda dalam penggunaan handphone?
  14. Apa  yang anda lakukan agar handphone tidak mengganggu belajar Anda?
  15. Apa yang Anda lakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone?
  16. Apa dampak negatif penggunaan handphone bagi Anda?






  1. Jawaban Dari Angket
1.      Apakah Anda memiliki handphone ?
Ya, saya memilikinya
  1. Mengapa Anda memiliki handphone?
Untuk komunikasi
Dikasih orang tua
Untuk mengikuti perkembangan jaman dan teknologi
  1. Mengapa  Anda menggunkan handphone?
Karena simple dan banyak manfaatnya
Lebih mudah digunakan terutama dalam berkomunikasi
  1. Berapa lama Anda menggunakan handphone dalam sehari?
Lebih dari 10 jam
Tak terhitung
  1. Untuk apa saja Anda menggunakan handphone ?
Game, internet, mendengarkan music/radio, kalulator,sms, telpon, nonton TV
  1. Apakah Anda membawa handphone  ke sekolah?
ya
  1. Apakah Anda sering bermain handphone saat pelajaran di sekolah berlangsung?
Ya,sering
Kadang-kadang
Tidak
  1. Lebih sering manakah Anda belajar daipada bermain  handphone?
Belajar
Bermain handphone
  1. Dalam belajar apakah Anda juga menggunakan handphone?untuk apa?
Ya, untuk menghitung dan mencari bahan referensi di internet
Tidak
  1. Apakah handphone  mempengaruhi prestasi belajar Anda?
Ya
Tidak juga
  1. Mungkinkah Anda tidak menggunakan  handphone  dalam sehari?Mengapa?
Mungkin saja, tapi sulit sekali melakukan aktifitas tanpa handphone
Tidak mungkin karena sudah kecanduan handphone
  1. Apa manfaat yang Anda rasakan dalam menggunakan handphone?
Saya lebih mudah berkomunikasi, mendapatkan informasi, serta mudah untuk mendapatkan hiburan
  1. Apakah Anda selalu membatasi penggunaan handphone?Mengapa?
Tidak karena sewaktu-waktu saya membutuhkan handphone
Ya, agar tidak bergantung pada handphone
  1. Apakan orang tua Anda mengontrol Anda dalam penggunaan handphone?
Ya
Tidak
  1. Apa  yang anda lakukan agar handphone tidak mengganggu belajar Anda?
Matikan handphone  saat belajar
Gunakan handphone seperlunya saja
Memberikan handphone pada orangtua
  1. Apa yang Anda lakukan untuk menghindari penyalahgunaan handphone?
Menolak ajakan teman untuk menyimpan maupun melihat hal-hal yang meyangkut pornoaksi dan pornografi.
Tidak membawa handphone ke sekolah atau mematikan handphone saat pelajaran berlangsung agar tidak mengganggu konsentrasi belajar.
Mengatur waktu sebaik-baiknya antara belajar dan memanfaatkan handphone.
Membatasi penggunaan handphone.
Menghindari mengakses situs porno atau mendownload konten-konten porno.
Memanfaatkan handphone seperlunya.
Meminta orangtua untuk mengontrol penggunaan handphone.
  1. Apa dampak negatif penggunaan handphone bagi Anda?
Boros
Mengganggu konsentrasi belajar









Tidak ada komentar:

Posting Komentar